Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

cara asik belajar trigonometri

Written By peb bryant on Senin, 19 November 2012 | 04.53



teman saya ada yg mengeluh kepada saya gimana caranya belajar trigonometri ? saya pun juga bingung dengan diberi guru saya pr banyak sekali membuat saya dan teman - teman saya semakin bingung hingga mengerjakannya dengan menyontek karena waktu yg mepet pula.. tapi dibalik itu semua membuat saya memutar otak saya yg memang sebenarnya tidak begitu suka dengan matematika tapi saya terpacu untuk membuat trigonometri ini menjadi menarik minat saya untuk belajar.. dan membuka buku kelas 10 untuk melihat 48 rumus yang menjengkelkan , itu tidak mungkin dihafalkan tapi rumus itu untuk dipahami..






oke..

balik lagi ke trigonometri

misal ada contoh sperti ini : sin (270'+A) (A mksdnya alpha dan ' adalah derajat). kalau liat rumus maka akan sama dg (-cos A). lho kok bisa ?? ya bisa lah karena ini bisa dijelaskan lewat diagram cartesius, cukup pusing memang tuk memahaminya kalau melalui gambar diagram cartesius. trus misal ada lg soal : sec (360-A)= ?? maka dengan sangat mudah saya jawab cosec A. haha.. ternyata ada sesuatu yang unik dari ke 48 rumus itu..



oke...saya mau berbagi tips gimana caranya memahami (bukan menghafal) rumus trigonometri sudut berbagai kuadran..



PERTAMA

Ingat.. Dalam diagram cartesius terbagi menjadi 4 kuadran (kw). kuadran 1 terletak di kanan atas (X dan Y positif), kuadran 2 terletak di kiri atas (X negatif, Y positif), kuadran 3 terletak di kiri bawah (X dan Y negatif), kuadran 4 terletak di kanan bawah (X positif, Y negatif).

nah, nilai trigonometri di tiap kuadran itu berbeda2 (positif atau negatifnya). di kuadran 1, semua nilai trigonometri adalah positif (+). di kuadran 2, HANYA sinus (sin) dan kebalikannya (cosinus) yang bernilai positif, yang lainnya negatif. di kw 3 HANYA tangen (tan) dan cotangen (cot) yang bernilai positif. dan di kw 4, hanya cosinus (cos) dan secan (sec) yang bernilai positif. biar gampang ingat, dalam bahasa jerman ada kata ASINTOS yang artinya postif. A=All positif (kw 1), SIN=SIN (kw2), T=Tan (kw 3), OS=cOS (kw 4).



KEDUA

jika ada soal seperti ini : sin (90'+A) atau tan (270'+A) (perhatikan angka 90 dan 270 nya). maka nilai trigonometrinya berubah, yang tadinya sin berubah jadi cos (begitu juga sebaliknya), yag tadinya tan menjadi cot (begitu jg sbaliknya), n yang tdinya cosec menjdi sec (begitu jg sbaliknya).

lalu, kalo ada soal seperti ini : sin (180'+A) atau tan (360'+A) (perhatikan angka 180 dan 360 nya). maka nilai trigonometrinya TETAP.



KETIGA

Tiap kuadran punya batas sudut 90'. kalo lebih sedikit saja berarti sudah masuk ke kuadran lain. misal ada soal sperti ini : cos (180'+A), maka sudutnya ada di kw 3, kalo cos (180'+A) berarti sudutnya ada di kw 2 (A<90')



KEEMPAT

kalo sudah memahami langkah 1,2,3 saya jamin apapun soalnya pasti bisa di jawab..





masih bingung ya ??

contoh :

nilai cos (270'+A)=.....

saya bantu.. pertama, karena (270'+A) berarti ada di kw 4, sedangkan nilai cos di kw 4 adalah POSITIF (ingat ASINTOS). lalu ada angka (270'+A) artinya cos berubah jadi sin. maka nilai cos (270'+A)=+sin A (cukup sin A saja).



lagi.. nilai tan (360'-A)= ..

jawab : itu ada di kw 4, tan di kw 4 negatif, angka (360'-A) berarti tetap tan. jadi jwbannya -tan A. haha.. mudah bukan ?? mudah atau tidak tergantung dari banyaknya kita mengerjakan latihan soal..



ada 3 soal di bawah ini..

1. Cot (180'+A)=..

2. sin (270'-A)=..

3. cos (90'+A)=..

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

kalau sudah di jawab dan jawabannya seperti ini :

1. cot A

2. -cos A

3. -sin A

maka anda sudah maju beberapa langkah untuk menaklukkan soal trigonometri..



Selamat mencoba..

NB : rumus bukan untuk dihafal tapi untuk dipahami, sebagai contoh dari dulu - sekarang hanya ada angka 0-9, sewaktu kecil kita hanya tau bilangan dari 1-10. sekarang, apakah anda bisa mengatakan berapa bilangan ini : 42.571..
bisa kan?? padahal kita tidak menghafalkan angka sampai sebanyak itu, tapi dengan memahaminya kita bisa menyebutkan nilai suatu bilangan berapa pun digitnya.



Perkataan Matematikawan yg bernama ADHENT SMITH : "Matematika itu bukan untuk DITAKUTI tapi untuk DITAKLUKKAN"

Tolong dibaca terlebih dahulu !

Anda sedang membaca artikel tentang cara asik belajar trigonometri dan anda bisa menemukan artikel cara asik belajar trigonometri ini dengan url http://dwiwahyufebrianto.blogspot.com/2012/11/cara-asik-belajar-trigonometri.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel cara asik belajar trigonometri ini sangat bermanfaat bagi teman-teman Anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link postingan cara asik belajar trigonometri sebagai sumbernya.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Quotnya keren amat tapi masalah triogeometri ane masih binggung broo

Unknown mengatakan...

Belum ada contoh kasusnya

Posting Komentar